Gunung Andong

www.manusialembah.blogspot.co.id
Anda mau naik gunung tapi pemula? Ini dia Gunung Andong dengan ketinggian mencapai 1726 mdpl. Mengapa pemula? Ya Gunung Andong tergolong gunung yang tidak tinggi alias pendek. Alasan berikutnya karena jalur pendakian Gunung Andong tergolong cukup mudah. 

Untuk pemula lebih baik membaca artikel ini terlebih dahulu agar pendakian ke Gunung Andong bisa berjalan dengan lancar.

Gunung ini memiliki banyak basecamp untuk memulai pendakian. Pemula lebih baik mendaki dari Basecamp Sawit karena dari tempat ini untuk mendaki gunung ini cukup memakan waktu sekitar 60 menit saja. Jika Anda memilih basecamp secara acak maka waktu yang ditempuh untuk mendaki bisa berbeda. Jalur lain bisa dikatakan lebih jauh dan tidak aman. Akan tetapi jika Anda bukan pemula dan ingin mendaki dengan rute jauh, silahkan mencoba basecamp lain.

Sebelum berangkat wajib melakukan persiapan terlebih dahulu. Pertama pastikan Anda sudah tidur secukupnya sebelum berangkat karena Anda akan cepat kelelahan saat mendaki. Kedua makan atau sarapan agar badan tetap fit. Keempat membawa lampu penerangan atau senter jika mendaki malam hari atau pagi sebelum matahari terbit. Kelima membawa snack dan/atau minum untuk dikonsumsi saat istirahat. Keenam kamera untuk mengabadikan momen Anda di puncak Andong. Ketujuh buang air kecil atau besar terlebih dahulu di rumah/hote karena toilet yang paling nyaman adalah di rumah/hotel.

Bila ketujuh hal yang wajib Anda siapkan sudah terlaksana, waktunya berangkat menuju basecamp Sawit dengan memakan waktu kira-kira 45 menit dari Yogyakarta. Pastikan juga kendaraan Anda (motor atau mobil) sudah diservis,

www.yukpiknik.com
Setelah melihat dan memahami peta diatas, Anda akan mendaki dari Basecamp Sawit untuk parkir kendaraan dan membayar biaya retribusi. Masyarakat di sekitar bascamp tersebut sangat ramah jadi pengalaman untuk memulai pengalaman terbawa menyenangkan. Istirahat terlebih dahulu di basecamp tersebut, buang air kecil, minum, dan makan snack secukupnya.

Petugas di basecamp akan memberitahu jalan yang akan Anda lalui dan mulailah jalan. 20 menit pertama Anda akan bertemu Pos 1 dan 20 menit berikutnya Pos 2. Istirahatlah sejenak di pos tersebut akan terdapat gazebo dari bambu.

www.yukpiknik.com
Anda akan menemukan mata air murni ditengah pendakian dari pos menuju puncak. Air gunung ini sangat bersih dan aman untuk diminum. Rasanya juga sangat berbeda dari minuman kemasan, sangat segar. Boleh juga untuk cuci tangan can cuci muka karena air ini cukup menyegarkan di kulit.

www.wisatalicious.com
Jika ditemukan tenda-tenda berarti Anda sudah sampai di puncak Gunung Andong. Kepuasan akan akhirnya tercapai setelah mendaki hingga puncak. Carilah spot yang enak untuk berkemah dan bangunlah tenda. Istirahatlah sambil menikmati lingkungan puncak Gunung Andong.

Anda tidak membawa tenda? Tidak usah khawatir, di puncak terdapat banyak angkringan atau warung dimana Anda bisa memesan teh hangat dan tidur disana. Jangan lupa untuk memesan jika Anda beristirahat disana, demi menghargai penjaga angkringan tersebut.

Nikmatilah pemandangan alam yang luar biasa indahnya dari puncak Gunung Andong. Berfoto untuk mengabadikan perjalanan Anda. Terdapat sedikit sinyal untuk beberapa operator, Anda dapat upload foto/video ke sosial media di gadget Anda. Pemandangan Sunset dan Sunrise sangatlah bagus. Bila ada kabut berarti Anda sedang sial. Tapi tidak apa karena pemandangannya masih terlihat di lain sisi.

Penulis: VA



--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Untuk pergi menuju lokasi wisata ini bisa dengan menggunakan Motor atau Mobil yang kami rentalkan. Tidak hanya itu, kami juga menyediakan rental Action Camera demi mengabadikan perjalanan liburan Anda. Rental kami siap antar jemput kendaraan ke tempat Anda menunggu tentunya di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hubungi Customer Service atau juga bisa klik CALL / SMS di tombol samping. Agar lebih efektif dan efisien, gunakan Share Location melalui Line, Whatsapp, atau BBM saat menghubungi kami.